Melengkapi Materi sejarah perlawanan terhadap hegemoni Belanda, siswa kelas XI Bosowa School Makassar menyambangi makam Raja-raja Gowa dan Syekh Yusuf (19/02/19).

Setibanya di makam Raja-raja Gowa, siswa diberikan penjelasan singkat mengenai sejarah kehidupan dan perjuangan para pahlawan, kemudian siswa diperbolehkan berkeliling mengamati lebih dekat makam-makam tersebut.

Situs sejarah kedua yang dikunjungi siswa ialah makam Syekh Yusuf yang bertempat di Jl. Syekh Yusuf, Gowa. Siswa disambut dan diarahkan masuk ke dalam sebuah ruangan yang didalamnya terdapat makam Syekh Yusuf yang ramai dikunjungi wisatawan. Melalui kunjungan ke situs bersejarah seperti ini meningkatkan antusiasme siswa dalam belajar sejarah yang dikemas dengan suasana wisata.

Setelah mengunjungi kedua lokasi makam tersebut, Nur Anisa mengungkapkan bahwa “Dengan mengetahui lebih detail mengenai kisah dan kehidupan para pahlawan ini membuat saya semakin bangga sebagai bangsa Indonesia yang berasal dari Sulawesi Selatan tempat lahirnya tokoh-tokoh pahlawan besar yang memperjuangkan Indonesia”

Sejalan dengan harapan Subhan Syam selaku guru sejarah Bosowa School Makassar yang menjelaskan tujuan dari kunjungan ini diharapkan mampu menggugah khasanah dan pemahaman historis para siswa. Kisah kisah perjuangan para pahlawan telah membuktikan bagaimana bangsa ini dibangun dari keringat dan darah para pejuang.

Bagikan

Komentar

Komentar

  • S

    Subhan Syam

    Alhamdulillah

    22 Feb 2019 13:03

Tinggalkan Komentar anda